struktur-sel

Struktur Bagian Bagian Sel dan Penjelasanya

Penjelasan Struktur Bagian Bagian Sel dalam Tubuh Manusia

Mobricks.Com РSel merupakan abgian dasar yang menyusun dalam organ rubuh makhluk hidup. Dalam sel terdapat beberapa struktur, struktur sel terdiri dari bagian membran, organel dan sitoplasma. Struktur tersebut berfungsi  untuk menjlankan fungsi sel sepert metabolisme, penyimpanan gen, pembelahan sel dan sintesis DNA.

Dibawah ini merupakn penjelasan tentang bagian-bagian struktur sel.

  1. Membran

Membran merupakan bagian yang menutupi atau membungkus sel. Dalam membran terdapat dua jenis membran sel yaitu membran sel dan dinding sel dari jenis tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melindungi sel, membungkus sel dan mengatur keluar masuknya zat.

  • Membran Sel

Membran sel yaitu pemisah antara akstraseluler dan intraseluler. Fungsi membran sel untuk membatasi sel dan sebagai media keluar masuk zat ke dalam maupun ke luar sel. Membran sel dimiliki oleh semua sel.

  • Dinding Sel

Dinding sel yaitu lapisan kaku dan kuat diluar membran sel yang mengelilingi bebrapa jenis sel. Dinding sel merupakan iri khas dari sel tumbuhan, beberapa jenis bakteri dan alga. Fungsi dari dinding sel adalah untuk memberikan kekuatan dan dukungan struktural terhadap stres mekanik dan infeksi. Cairan dalam sel tumbuhan dapat mengembang sehingga menimbulkan tekanan turgor.

  1. Organel

Organel adalah komponen yang menyusun sel seperti halnya organ dalam tubuh. Organel berfungsi sangat penting karena berguna untuk mendukung seluruh kegiatan dan fungsi sel. Dalam organel terdapat beberapa bagian, antara lain:

  • Sitoskeleton
    Sitoskeleton adalah kernagka sel yang berfungsi untuk menyokong struktur sel dan organel lain pada sel.
  • Ribosom
    Ribosom adalah organel kecil, padat dan tidak bermembran namun berperan penting sebagi tempat sintesis protein.
  • Retikulum Endoplasma
    Retikulum endoplasma atau disingkat RE adalah organel yang berupa kumpulan kantung seperti membran. Terdapat dua jenis RE yaitu RE kasar dan RE halus http://cut.by/n5QQP.
  • Badan Golgi
    Badan golgi atau aparatus golgi adalah organel terikat membran yang berperan dalam sistem ekskresi sel.
  • Mitokondria
    Mitokondria adalah organel yang berperan penting dalam proses respirasi sel.
  • Lisosom
    Lisosom adalah organel berwujud kantong agak bulat yang dikelilingi membran tunggal.
  • Sentriol
    Sentriol adalah organel yang berperan penting dalam pembelahan sel melalui proses yang disebut mitosis.
  • Plastida
    Plastida adalah organel yang menghasilkan warna pada sel tumbuhan. Plastida hanya terdapat pada sel tumbuhan.
  • Peroksisom
    Peroksisom adalah organel mengandung protein reseptor yang terbungkus oleh membran tunggal yang terbuat dari lipid.
  • Vakuola
    Vakuola adalah organel berupa rongga diselaputi oleh membran (tonoplas) yang berisi cairan seperti air, asam organik, enzim, asam amino, lipid, glukosa, alkaloid, garam mineral, asam, dan basa.
  • Inti Sel
    Inti sel atau nukleus adalah bagian yang menyimpan kode genetik dalam bentuk DNA.
  • Sitoplasma
    Sitoplasma adalah cairan yang berada dalam sel dan bagian luar organel sel. Kandungan utamanya adalah air sampai 90%. Fungsi sitoplasma adalah untuk melarutkan berbagai zat kimia dan sebagai tempat berlangsungnya beragam reaksi kimia.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang  Struktur Bagian Bagian Sel dan Penjelasanya  .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga: