Dampak Stress

Dampak Stress Untuk Kesehatan Kulit

Dampak Stress Untuk Kesehatan Kulit

 

mobricks.com – Stress telah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari kehidupan kita.Stres dapat mempengaruhi seluruh tubuh kita, mulai dari kulit, rambut, dan kuku.

Bagaiamana Stress Mempengaruhi Kulit Kita?

 

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa ketika sedang mengalami stres, masalah kulit Anda keluar lebih banyak? Ya. Hal tersebut karena stres menyebabkan tubuh untuk memproduksi kortisol dan hormon-hormon lain. Produksi tersebut memicu kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak minyak. Kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat dan masalah kulit lain.

Dampak Stress

 

Para Dermatologis berpendapat bahwa stres dapat mengusir vitamin penting dari tubuh kita melalui kulit. Vitamin penting yang dikirim keluar dari tubuh kita ketika stress adalah vitamin C, E, dan B. Penuaan terhadap kulit terjadi pada tingkat kelenjar sebaceous. Dalam sebagian besar kasus stress menyebabkan jerawat Vulgaris.

Sebenarnya stress yang dialami didasarkan pada reaksi “hadapi atau lari”. Alarm kimia merespon, dengan mengendalikan aliran darah yang mengandung partikel energi yang disebut ATP ke daerah vital tubuh, yang harus berjuang dengan stress. Aliran darah, tidak mencapai kulit ketika pertarungan. Dengan demikian kulit kekurangan nutrisi dan oksigen. Hasilnya adalah kulit menjadi kurang lentur dan rentan dehidrasi. Dalam keadaan seperti penuaan dapat datang lebih cepat. Akhir-akhir ini telah ditemukan bahwa stress merupakan penyebab utama penuaan dini.

Orang yang mengalami gejala stress tidak semuanya merasa lemah, sakit kepala mual atau bahkan pingsan. Tetapi tubuh merekalah yang menunjukkan tanda-tanda stres melalui penampilan kulit. Apalagi ditambah dengan kurangnya tidur, kurangnya asupan makanan sehat, kurang berolahraga dan minimnya waktu untuk istirahat.

Faktor-faktor yang disebutkan di atas adalah penyebab valid stress. Stres memakan sistem kekebalan tubuh dan sistem pencernaan manusia. Kulit manusia adalah penutup dan bertindak sebagai perisai pertahanan tubuh. Stres meletakkan dampaknya terhadap sistem pencernaan pertumbuhan sistem hormon. Hal ini juga berdampak pada sistem reproduksi dan organ terbesar dari tubuh.

Efek Stress Pada Kesehatan Kulit

  1. Kulit kering : Tubuh tidak dapat lagi mendistribusikan cairan dengan benar.
  2. Kehilangan kulit bersinarKulit tidak akan lagi memiliki cahaya tertentu.
  3. Berbintik-bintik atau warna kulit pucat Kulit akan terlihat tidak rata.
  4. Gangguan kulit
    Gatal-gatal, kering, pecah-pecah.
  5. Jerawat

Tips Mengurangi Dampak Stres pada Kulit

Kita tidak mungkin menghindari stres secara total, namun ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres dengan lebih baik. Cobalah beberapa langkah berikut :

  1. Jangan abaikan kulit Anda. Jaga kulit Anda, bahkan jika Anda sedang lelah atau stres
  2. Berolahraga secara teratur. Olahraga bermanfaat baik untuk kulit dan seluruh tubuh Anda.
  3. Tidur yang cukup. TIdur yang ideal adalah tujuh sampai delapan jam setiap malam.
  4. Time off . Luangkan waktu untuk bersantai dan lepas sejenak dari aktifitas sehari-hari. Lakukan kegiatan menyenangkan yang Anda sukai, seperti hang out bersama teman, main musik, nonton, dan lain sebagainya.
  5. Terapkan teknik manajemen stres, seperti latihan meditasi, pernafasan pernapasan, yoga atau citra visual.
  6. Katakan tidak. Tetapkan batasan untuk menurunkan stres, misal dalam kerjaan Anda.
  7. Berbicara dengan seseorang. Carilah dukungan dari keluarga dan teman terdekat Anda atau terapis profesional.

 

Identifikasi dan Kenali hal-hal yang menyebabkan stres, lalu tentukan cara yang tepat untuk menghadapi atau bahkan menghindarinya jika itu memungkinkan. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga :