Cara tingkatkan kecerdasan pada anak

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

 

mobricks.com – Mungkin saja diantara Anda semuanya kini mulai bertanya-tanya, memang salah ya jika berusaha untuk menjadikan buah hati tercinta lebih unggul dari teman seumurannya? Memberikan yang terbaik bagi anak-anak tidak pernah jadi hal yang salah kok bund. Akan tetap cara berikut ini mungkin saja bisa membantu Anda semuanya untuk membantu tingkatkan kecerdasan bagi anak-anaknya. Penasaran? Langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara tingkatkan kecerdasan pada anak

Cara tingkatkan kecerdasan pada anak

 

Memberikan stimuli sesuai usia

Setiap orangtua tentu menginginkan perkembangan anaknya lebih optimal, akan tetapi mereka sering sekali terjebak jadi hurried parents, sebab terkesan terburu-buru di dalam memberikan stimulasi bagi anaknya. Setiap anak tentu memiliki bakat supaya tidak jadi hurried parents, maka pastikan terlebih dulu anak Anda mempunyai 3 hal berikut, seperti kemandirian, rasa aman, dan juga kemampuan untuk berkomunikasi. Pada saat mengajarkan baca, contohnya di usia 2, 3, 4 tahun sebetulnya anak cukup sampai pada proses pengenalan saja, tanpa berharap dia akan kuasai, nanti di usia 5 tahun barulah tidak ada masalah.

Akomodasi bakat anak

Beri anak ruang untuk kembangkan bakatnya. Masih belum yakin dengan bakat anak Anda? Ajaklah anak untuk ikuti berbagai kegiatan yang dia mau atau coba beragam kursus. Anak yang berbakat akan tampak sekali kok semangatnya ketika harus ikuti kegiatan yang memang jadi bakatnya. Setelah temukan bakatnya pastikan anak Anda menikmati kegiatan yang ada kaitannya dengan pengembangan bakatnya tersebut. Tapi jika pada akhirnya anak Anda terus mengeoluhkan dan malas saat ikuti kursus, cobalah untuk menanyakan kembali pada diri Anda sendiri, jangan-jangan hanya Anda sendirilah yang sebetulnya semangat.

Hindari memberikan label positif

Kalimat yang seperti ini “pintarnya anak bunda bisa mendapat nilai 100 Untuk Soal Ujian Bahasa Inggris Soal Rambu Rambu Lalu Lintas”, atau pun beberapa pujian yang bentuknya mengingatkan anak bahwasannya dia telah berhasil dalam melakukan sesuatu sebab bakat kepintaran yang dia miliki tersebut ternyata bisa hilangkan motivasi anak untuk berusaha yang lebih keras lagi. Anak akan kehilangan tantangan serta rasa ingin bersaing.

 

Pastinya Anda juga boleh memuji anak, akan tetapi dibandingkan dengan menggunakan kata pintar atau pun mengingatkan jika dia memiliki bakat, cobalah untuk mengucapkan kalimat yang memberitahunya bahwasannya hasil yang baik yang telah dia dapatkan tersebut adalah akibat dari kerja keras yang dia lakukan. Contohnya saja “nilai adik bagus banget, ini pasti karena adik rajin belajar”. Memberi tahu anak bahwasannya dia pintar juga bisa membuatnya berpikir dia harus selalu terlihat pintar, hal yang demikian ini justru akan membuatnya jadi takut untuk eksplor hal baru yang masih belum dia kuasai.

Demikianlah informasi tentang cara meningkatkan kecerdasan anak yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga :