Cara mengajarkan hafalan quaran quran pada anak

Cara Mengajarkan Hafalan Quran Pada Anak

Cara Mengajarkan Hafalan Quran Pada Anak

 

mobricks.com – Sebagai orangtua memang sudah jadu kewajiban untuk membesarkan dan juga mendidiknya jadi anak yang sholeh dan sholehah agar kelak bisa jadi anak yang patut dan hormat pada orangtua, apalagi bila anak yang kita didik mempunyai ilmu yang tinggi serta bisa jadi penghafal quran atau yang biasanya disebut hafiz atau hafizah.

Cara mengajarkan hafalan quaran quran pada anak

Nah, dalam mepelajari dan juga menghafal quran ini sangat tidak mudah, sebab diperlukan cara yang baik dalam melakukannya, apalagi bagi usia kanak-kanak. Dari penelitian memang anak-anak akan lebih mudah menerapkan apa yang akan diajarkan oleh orangtuanya, sebab otak pada masa tersebut sedang dalam masa pertumbuhan sehingga mudah sekali bila Anda mengajarkan apa saja baginya. Dan berikut ini ada beberapa cara mengajarkan hafalan quran pada anak yang bisa Anda jadikan contoh.

Cara mengajarkan hafalan quaran quran pada anak

 

Jadi orangtua yang bai dan bisa jadi contoh

Orangtua haruslah bisa jadi seorang hafiz juga sebelum sih anak jadi hafiz, sebab anak nantinya akan melihat orangtuanya terlebih dulu. Umumnya anak akan melihat apa yang telah dilakukan orangtuanya. Apabila orangtuanya pandai serta selalu menghafal quran, maka anak pun nantinya juga akan mengikutinya.

Konsisten

Orangtua dalam mengajari atau pun melatih anak dalam menghafal quran haruslah melakukannya dengan konsisten atau pun dilakukan secara terus menerus. Bila memang hanya dilakukan satu atau pun hanya beberapa kali saja anak akan merasa bosan serta tak mau lagi untuk melakukannya. Jadi, Anda sebagai orangtua yang baik bagi anak-anak bisa menjadikan hafalan quran ini sebagai hobi atau pun kebiasaan yang umumnya dilakukan setiap hari dan juga  diterapkan padanya bahwasannya menghafal quran merupakan kewajiban baginya.

Buat cara menarik untuk hafalan quran

Pada proses melatih anak dalam menghafal quran ini dibutuhkan cara-cara yang paling menarik, sebab anak mudah sekali bosan jika menggunakan cara yang sama dan biasa di setiap hafalan qurannya. Orangtua haruslah mencari cara agar anak ingin serta tidak mau meninggalkannya dalam menghafal quran.

Berikan reward pada anak

Anak paling suka dengan iming-iming atau pung penghargaan dari apa yang telah mereka lakukan. Mungkin saja dengan cara memberikan ia reward ada dampak negatifnya, akan tetapi sebagai orangtua juga harus pintar-pintar di dalam memberikan reward tersebut. Jangan sampai besarnya nanti disetiap apa yang ia lakukan harus ada timbal baliknya. Orangtua bisa memberikan ia hadiah apabila ia sudah hafal 3 surah kemudian reward yang selanjutnya dengan cara memberikan reward ilmu atau pun lainnya, bukanlah bentuk barang.

Itulah cara mengajarkan hafalan quran pada anak yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Referensi : SekolahBahasaInggris.Com

Baca Juga :